Kuliner

Rekomendasi Makanan Khas Ambon Yang Wajib Kamu Cicipi

Rekomendasi Makanan Khas Ambon Yang Wajib Kamu Cicipi

Rekomendasi Makanan Khas Ambon Yang Wajib Kamu Cicipi

Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Provinsi Maluku, Ambon tawarkan banyak hal yang menarik untuk dieksplorasi.

Mulai dari destinasi wisata alam yang indah, wisata budaya yang unik, hingga kuliner khas lezat yang menggugah selera.
FS88BET
Yap, kota yang dijuluki sebagai the city of music ini miliki sederet pilihan makanan khas yang terlampau sayang seumpama nggak dicoba. Penasaran? Berikut wejangan kuliner khas Ambon, Maluku utara yang kondang yang patut anda cicipi!

Kuliner Khas Ambon, Maluku Utara Populer

1. Papeda

Belum ke Ambon namanya kalau belum mencicipi kuliner khas Maluku Utara yang unik satu ini. Papeda merupakan makanan pokok masyarakat Ambon pengganti nasi yang terbuat dari sagu dan diolah jadi bubur.

Teksturnya yang kenyal menyerupai lem jadi energi tarik tersendiri bagi barang siapa yang melihatnya.

Makanan khas Ambon akan menjadi lebih lezat seumpama disantap dengan kuah ikan kuning. Kuah ikan kuning sendiri merupakan ikan tongkol atau mubara yang disiram dengan kuah berbumbu kunyit.

Cara menyantap kuliner khas Ambon ini termasuk tergolong terlampau unik. Papeda akan dipilin menggunakan alat seperti sumpit, selanjutnya dipindahkan ke piring berisi kuah ikan kuning.

2. Ikan Asap

Kuliner olahan ikan yang termasuk dikenal dengan nama Ikan Komu Asar ini berasal dari model ikan tongkol, cakalang atau tuna.

Dinamakan asap karena sesungguhnya makanan tradisional khas Ambon diolah dengan langkah ditusuk dengan bambu, dibungkus daun pisang, selanjutnya diasap selama sekitar satu jam. Nasi dan sambal colo-colo merupakan rekan yang pas untuk menyantap kuliner ini.

3. Sambal Colo-Colo

Salah satu makanan khas Ambon yang kondang dengan rasa pedasnya adalah sambal colo-colo. Sambal ini seringkali ada jadi pendamping makanan yang disantap warga Ambon.

Sambal yang disajikan tanpa diulek ini terbuat dari beragam rempah-rempah khas seperti bawang merah, cabai rawit, tomat dan daun seledri.

Semua bahan ini sesudah itu dicampur dan diramu dengan taburan garam dan perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa asam dan pedas. Dijamin, anda akan ketagihan, deh!

4. Rujak Natsepa

Dinamakan rujak natsepa karena makanan yang satu ini cuma mampu ditemukan di Pantai Natsepa.

Sebenarnya makanan khas Ambon ini sama saja seperti rujak buah lainnya, yakni terdiri atas kedondong, mentimun, pepaya, nanas, jambu air, belimbing, dan beragam pilihan buah lainnya.

Hal yang membedakan adalah kehadiran buah pala yang ditemani irisan gula merah dan kacang tanah goreng.

Menikmati keindahan Pantai Netsapa akan jadi lengkap dengan kuliner khas Ambon satu ini.

5. Kohu-Kohu

Apabila lebih dari satu area di Pulau Jawa miliki kuliner khas yang terbuat dari beragam campuran sayur-sayuran bernama urap, Ambon termasuk miliki makanan khas yang serupa, lho. Kohu-kohu namanya.

Kuliner tradisional khas Ambon ini terbuat dari kacang panjang, tauge, mentimun dan daun kemangi yang dicampur dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, kelapa parut dan ikan cakalang yang dipotong kecil-kecil dan disuwir.

Ikan cakalang termasuk mampu diganti dengan ikan tongkol atau ikan teri basah. Jangan lupa untuk menyantap kohu-kohu dengan singkong, talas, ubi jalar, atau pisang rebus supaya menjadi jadi lengkap, ya!

6. Nasi Lapola

Sebagai keliru satu makanan khas Ambon yang memadai kondang di kalangan masyarakatnya, Nasi Lapola tawarkan cita rasa unik berkat gabungan kacang tolo dan beras. Uniknya, beras cuma dimasak hingga setengah matang.

Nasi sesudah itu ditaburi kelapa parut dan diberi sedikit garam. Setelahnya, nasi dikukus hingga matang. Makanan yang sedap nan gurih ini akan memanjakan lidah barang siapa yang mencicipinya.

7. Nasi Kelapa
Apabila Toppers sudah familiar dengan nasi uduk, sajian khas kota Ambon yang satu ini pastinya nggak akan gagal memuaskan selera makanmu. Memiliki bahan basic yang sama, yakni beras dan santan kelapa, nasi kelapa khas Ambon miliki teknik tertentu supaya cita rasa yang dihasilkan nggak sembarangan, lho.

Nasi dan santan dicampur sebanyak dua kali supaya nasi jadi lebih gurih dan nggak bertekstur lengket.

Setelah itu, bumbu nasi kelapa disiapkan dengan mencampur parutan kelapa, bawang merah dan cabai merah yang sudah dihaluskan, air jeruk lemon, garam, terasi, dan penyedap.

8. Pisang Asar

Dalam bahasa Ambon, asar bermakna bakar. Nah, pisang asar merupakan makanan khas Ambon dari olahan pisang yang dimasak dengan langkah dibakar/dipanggang menggunakan oven.

Pisang asar terlampau sesuai jadi rekan melewati sore hari lengkap dengan secangkir teh atau kopi.

Nggak seluruh model pisang mampu digunakan untuk menyebabkan pisang asar, lho. Hanya pisang raja sajalah yang cocok.

9. Talam Sagu Bakar
Selain papeda, tersedia lagi makanan khas Ambon yang berbahan basic sagu, yakni talam sagu bakar.

Kue yang satu ini miliki cita rasa manis yang berasal dari campuran kenari dengan kacang brenebon, terlampau sesuai untuk dijadikan camilan sambil minum teh.

10. Asida

Meskipun namanya terdengar memadai aneh, kelezatan makanan khas Ambon yang satu ini nggak wajib diragukan lagi, deh. Pasalnya, asida miliki rasa yang manis dan bertekstur kenyal.

Wajar saja, kuliner khas Ambon ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah, mentega, dan bubuk kayu manis yang dilengkapi kapulaga. Kamu akan enteng menemui asida dikala bulan Ramadhan.

11. Bubur Sagu Ubi

Sagu seakan jadi primadona dan bahan pokok dari banyak kuliner khas Ambon. Di tangan masyarakat Ambon, sagu mampu disulap jadi sebuah makanan super lezat lainnya bernama bubur sagu ubi.

Apabila anda mengenal kolak ubi yang kondang di Jawa, makanan khas Ambon yang satu ini miliki bentuk yang mirip, bedanya bercita rasa lebih manis dan bertekstur lebih kental.

12. Gogos

Jika anda mengenal kuliner khas Jawa yang bernama lemper, yakni olahan beras yang diisi suwiran daging ayam, abon, atau cacahan tempe, dan dibungkus daun pisang, gogos miliki bentuk yang mirip.

Bedanya, gogos berisi suwiran ikan yang sesudah itu dibakar setelah pada mulanya dibungkus lebih-lebih dahulu dengan daun pisang.

13. Roti Kering Kenari

Sekilas, roti kering kenari khas Ambon sama roti tawar terhadap umumnya. Namun yang membedakan adalah ada taburan gula dan cacahan kenari di atasnya.

Roti kering ini dimasak dengan langkah dipanggang menggunakan oven. Selain langsung dimakan, roti kering kenari termasuk sesuai untuk dijadikan oleh-oleh karena tahan lama.

14. Nasi Bambu
Makanan khas Ambon yang satu ini dinamakan demikianlah karena sesungguhnya pengolahannya yang melibatkan bambu.

Nasi yang berbahan utama beras ketan ini dicetak menggunakan bambu berukuran tengah dan dilapisi daun pisang supaya kelihatan sama bambu sungguhan. Proses memasak nasi bambu memerlukan kala yang memadai lama, sekitar 6 jam.

15. Ikan Kuah Pala
Ikan kuah pala miliki rasa yang segar berkat rasa asam yang bercampur dengan rasa pedas yang dihasilkan buah pala.

Agar menjadi lebih lengkap, ikan kuah pala biasa disajikan berbarengan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang. Sambal bekasang sendiri terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

Kunjungi Juga : Ragam Masakan Dunia

Nah, itu dia lebih dari satu wejangan makanan khas Ambon yang mampu anda cicipi dikala singgah ke kota yang dijuluki manise ini. Jadi, kuliner yang manakah yang sukses menggugah rasa laparmu?

Apa pun pilihanmu, anda bisa, lho, memperoleh makanan dan camilan tradisional tanpa wajib repot-repot nampak rumah.

Comment here