Kuliner

Kuliner Asal Kepulauan Seribu Dengan Nama Yang Unik

Kuliner Asal Kepulauan Seribu Dengan Nama Yang Unik

Kuliner Asal Kepulauan Seribu Dengan Nama Yang Unik

Kuliner khas Kepulauan Seribu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mampir mampir ke sana. Sudah menjadi tradisi kalau sebuah tempat wisata yang terkenal keindahannya dan banyak dikunjungi wisatawan, maka kuliner khasnya pun dapat menjadi ternama. Karena tidak lengkap rasanya nikmati pemandangan indah tanpa menyantap kuliner khas.
Bandar Taruhan
Orang Pulo (sebutan untuk penduduk yang tinggal di Kepulauan Seribu) punya ragam kuliner unik yang tidak serupa dari tempat lain di Indonesia. Kuliner-kuliner ini jarang bahkan tidak dapat Anda temukan di lokasi perkotaan modern yang lebih tekankan makanan kekinian. Pemandangan alam yang indah dipadukan bersama kuliner khas membawa dampak liburan terasa sempurna.

Ada beragam makanan khas yang dapat Anda coba ketika bertandang ke Kepulauan Seribu. Bukan cuma rasanya yang lezat, tetapi namanya terhitung benar-benar unik. Anda dapat terheran-heran mendengar nama yang diberikan orang-orang Pulo untuk kuliner khas mereka. Mulai dari “kue kolong” hingga “selingkuh” dapat Anda temukan di Kepulauan Seribu.

Dari namanya saja udah membawa dampak penasaran, kurang lebih bagaimana rasanya, ya? Pasti enak, bahkan kalau disantap di obyek-obyek wisata kenamaan di Pulau Seribu sambil menyaksikan matahari terbit atau tenggelam. Sudah kenyang mata, kenyang perut pula. Jadi, pastikan Anda terhitung berburu kuliner khas ketika liburan di Kepulauan Seribu.

Sebelum berangkat ke Kepulauan Seribu, tersedia baiknya Anda mengetahui kuliner khas Kepulauan Seribu apa saja yang patut dicari dan dicoba ketika berlibur di sana. Nah, kali ini dapat diberikan beberapa panduan kuliner khas yang dapat Anda jajal rasanya sementara berada di Kepulauan Seribu. Makanan-makanan ini enteng ditemukan dan murah meriah.

Kue Kolong Khas Kepulauan Seribu

Kuliner khas Kepulauan Seribu pertama yang dapat disarankan untuk Anda adalah kue kolong. Namanya unik bukan, kue kolong, tetapi bukan berarti dijual di kolong atau wajib dinikmati dikolong meja. Entah mengapa kue yang terbuat dari ubi rebus ini disebut kue kolong. Yang mengetahui kue ini cukup terkenal di Kepulauan Seribu.

Bahan dasar berupa ubi yang direbus kemudian ditumbuk halus dan dicampur bersama sagu. Setelah tercampur rata, adonan kemudian digoreng dan dimakan bersama cara dicelupkan ke didalam air rebusan gula jawa. Panganan khas ini cuma dapat Anda temukan di Pulau Seribu dan paling nikmat dimakan sementara hangat.

Selingkuh, Kuliner Khas Kepulauan Seribu

Kuliner satu ini dari namanya saja udah membawa dampak penasaran. Selingkuh, makanan apa pula yang diberi nama layaknya itu. Selama ini kata selingkuh punya konotasi negatif di Indonesia, berarti seseorang yang mengkhianati pasangannya bersama pria atau wanita lain. Namun, di Kepulauan Seribu selingkuh punya makna lain yang positif.

Selingkuh merupakan keliru satu kuliner khas Kepulauan Seribu yaitu sejenis lontong bersama isian yang biasa dimakan untuk sarapan. Makanan ini berbahan dasar beras yang dimasak bersama santan kelapa. Setelah beras diaron bersama santan, beberapa sendok ditaruh di atas daun pisang kemudian diisi abon dan dibungkus. Kemudian dikukus hingga matang.

Rasanya layaknya lontong yang gurih karena dimasak bersama santan dan diberi abon di dalamnya. Ingin merasakan sensasi makan selingkuhan, maksudnya kue selingkuh, mampir saja ke Kepulauan Seribu. Kuliner ini banyak dijual di pagi hari, karena kebanyakan dimakan bersama teh manis hangat sementara sarapan.

Sambal Beranyut, Kuliner Khas Kepulauan Seribu

Berikutnya adalah sambal beranyut. Namanya unik, bukan? Jika pergi ke Kepulauan Seribu jangan hingga lupa mencoba sambal satu ini. Seperti sambal ganja yang khas di Aceh atau sambal lado muda dari Padang, sambal beranyut ini terhitung benar-benar istimewa bagi Orang Pulo.

Terbuat dari ulekan cabai, garam, dan perasan jeruk limau, sambal ini rasanya fresh dan juga pedas. Sangat cocok dimakan bersama nasi hangat dan ikan, baik yang dibakar atau digoreng. Bagi Anda yang tidak cukup senang pedas wajib siap-siap sebelum mencoba sambal beranyut, karena pedasnya mantap.

Puk Cue Khas Kepulauan Seribu

Kuliner khas Kepulauan Seribu selanjutnya, kuliner yang sama bersama pempek dari Palembang. Juga terbuat dari daging ikan, tepung sagu, terhitung terigu, namanya Puk Cue. Ini merupakan makanan khas Orang Pulo. Melimpahnya hasil laut di Kepulauan Seribu membawa dampak masyarakatnya produksi daging ikan menjadi panganan sedap layaknya pak cue ini.

Kalau pempek kebanyakan dimakan bersama mie, potongan mentimun, dan kuah cuko yang pedas, puk cue disediakan lebih sederhana. Puk cue dimakan bersama cara dicocol terhadap sambal kacang yang dibikin layaknya sambal sate, dapat manis atau pedas, cocok selera. Pak cue kebanyakan dinikmati sebagai camilan sore hari.

Kue Maco, Kuliner Khas Kepulauan Seribu

Kuliner satu ini mungkin tidak asing lagi, karena bentuknya bulat bersama biji wijen mengelilingi. Sekilas kue maco memang sama bersama onde-onde. Bahan dasarnya pun sama, terbuat dari tepung terigu, gula, telur, mentega, yang diuleni kemudian dibentuk bulat dan dilapisi biji wijen.

Namun, tidak serupa dari onde-onde yang kebanyakan tanpa isikan atau diisi kacang-kacangan maupun cokelat, kue maco diisi bersama abon ikan. Kepulauan Seribu memang punya hasil laut yang melimpah supaya banyak kuliner khasnya berbahan ikan. Bukan cuma abon ikan, isian kue maco terhitung dapat berupa daging ikan yang disuwir.

Rasa daging ikan di anggota didalam dapat membawa dampak rasa kue maco tidak serupa dari onde-onde yang sering Anda makan. Rasa gurih ikan didalam balutan tepung dan wijen yang digoreng dapat memanjakan lidah Anda. Makanan ini benar-benar tepat disantap di siang atau sore hari, dapat menjadi pengganjal perut sebelum sementara makan malam.

Bom Atom Kuliner yang Khas dari Pulau Seribu

Dari namanya kuliner khas Kepulauan Seribu yang satu ini membawa dampak ngeri yang mendengarnya. Makanan berupa bulat lonjong ini memang terlihat layaknya bom karena ukurannya yang cukup besar. Warnanya pun merah atau merah muda cerah menjadi segera menarik minat orang ketika melihatnya pertama kali supaya menginginkan segera mencoba.

Bahan dasarnya berupa tepung terigu, telur, dan mentega. Adonan diuleni hingga kalis kemudian dibentuk bulat panjang. Selanjutnya digoreng, lantas dicelupkan ke didalam karamel gula yang udah diberi pewarna. Rasanya manis di luar dan renyah di dalam, benar-benar cocok dimakan bersama teh hangat atau es kelapa muda.

Sengkulun, Kuliner Khas Kepulauan Seribu

Jika pada mulanya kita mengupas kue digoreng, tersebut ini adalah kuliner yang dimasak bersama dikukus. Teksturnya lembut, kenyal, dan lunak, namanya sengkulun. Bahan baku utamanya adalah tepung ketan dan gula. Permukaan kue sengkulun berbintil kasar, tetapi rasanya manis, legit, dan gurih.

Kue ini berwarna putih, kebanyakan diberi toping meses berwarna merah supaya lebih menarik perhatian. Anda dapat menjumpai kue satu ini di penjual kue tradisional atau toko oleh-oleh. Makanan ini benar-benar cocok untuk Anda yang senang panganan manis. Sengkulun paling nikmat dimakan sore hari sambil nikmati hembusan angin di pinggiran pantai.

Nah, mana dari kuliner-kuliner di atas yang paling menarik minat Anda? Atau malah Anda menginginkan mencoba semuanya. Jika Anda segera mampir ke Kepulauan Seribu udah pasti kuliner-kuliner khas nan lezat tersebut dapat Anda nikmati. Semoga Info berkenaan kuliner khas Kepulauan Seribu bermanfaat.

Comment here