Kuliner

8 Rekomendasi Makanan Khas Sampang Yang Enak Dan Paling Terkenal

8 Rekomendasi Makanan Khas Sampang Yang Enak Dan Paling Terkenal

8 Rekomendasi Makanan Khas Sampang Yang Enak Dan Paling Terkenal

Beberapa orang barangkali tetap sedikit asing dengan nama Kota Sampang. Sampang merupakan nama tidak benar satu kabupaten yang tersedia di daerah Pulau Madura, Jawa Timur.
Pasang Bola
Tahukah kamu bahwa Sampang merupakan tidak benar satu kabupaten unik di Jawa Timur yang memiliki banyak variasi daerah wisata. Mulai dari perbukitan hingga air terjun.

Selain wisatanya yang keren-keren, Sampang ternyata termasuk memiliki makanan khas yang digemari oleh masyarakat. Baik wisatawan luar kota hingga penduduk lokal sendiri.

Penasaran kan, apa saja kuliner khas Sampang yang populer dan membuat lidahmu menari-nari?

Langsung saja, yuk simak penjelasannmengenai lebih dari satu makanan khas Sampang yang populer dan membuat lidahmu menari-nari:

1. Cager Telur Khas Sampang

Makanan pertama yang mesti kamu menikmati adalah cager telur. Sesuai dengan namanya, cager telur dibuat dari bahan telur yang dipadukan dengan ssyur kola yau kubis.

Penyajiannya, cager telur disiram dengan kuah kental, namun tak memiliki kandungan santan.

Jika kamu berkunjung ke Sampang, jangan lupa mencicipi lezatnya cager telur ya!

2. Sate Khas Sampang

Makanan seterusnya berupa sate sampang. Sebetulnya, sate sampang sendiri merupakan sate yang tak tidak sama jauh dengan sate lain terhadap umumnya.

Namun, bumbu-bumbunya yang khas, yang ternyata membuat sate sampang tidak sama dengan sate lainnya.

Jika kamu saat ini kebetulan sedang berkunjung ke Sampang, kamu mampu mengunjungi Depot Sate Mufakat yang berada di Jalan K. Hasyim Azhari No. 25 Sampang.

3. Nasi Kobel Khas Sampang

Makanan seterusnya yakni nasi kobel. Nasi kobel sendiri merupakan nasi yang serupa dengan nasi kucing. Bedanya kalau nasi kucing pakai sambal cabai, sedang nasi kobel pakai sambal kelapa parut.

Yang menyebabkan nasi kobel terjaga citarasa khasnya adalah nasi kobel pakai daun pisang sebagai pembungkusnya. Jadi, tetap mulai tradisionalnya.

Kamu mampu mencicipi nasi kobel di kawasan pesisir Sampang. Dijamin deh, meski sederhana namun citarasanya juara!

4. Kaldu Sumsum Khas Sampang

Makanan khas Sampang berikutnya adalah kaldu sumsum. Kaldu sumsum dibuat dari bahan utama daging sapi dan rempah khas yang tak mampu ditemukan di daerah lain.

Kuah kaldu sumsum yang fresh bakal menyebabkan para penikmatnya ketagihan. Jadi tak heran kalau banyak para pelancong dari kota lain yang berburu kaldu sumsum.

Jangan lupa untuk mencicipi kaldu sumsum kalau kamu berkunjung atau sekadar berkunjung Sampang, ya.

5. Bebek Songkem Khas Sampang

Masih dengan makanan khas berupa kuliner yang lezat. Selanjutnya yakni kamu bakal menjumpai bebek songkem. Sesuai dengan namanya bebek songkem tentunya dibuat dari daging bebek.

Bebek songkem diolah dengan langkah daging bebek dilumuri dengan rempah khas dan seterusnya dibungkus dengan dsun pisang. Setelah itu bebek songkem dikukus hingga tidak cukup lebih tiga jam.

Harumnya bebek songkem sesudah dikukus bakal membuat kamu mendambakan segera menyantapnya, deh!

6. Chechek Tajin Khas Sampang

Kuliner khas Sampang seterusnya yakni chechek tajin. Beberapa orang tersedia yang menyebut chechek tajin dengan dhun adhun khas Sampang.

Chechek tajin merupakan kuliner sejenis lontong yang sesudah itu disiram dengan kuah santan kental yang sedap. Jika lontong sayur ditambah sayur, biasanya chechek tajin tak ditambah dengan sayur. Namun tersedia pula chechek tajin yang ditambah sayur pepaya.

Chechek tajin benar-benar sesuai disantap didalam keadaan hangat dikala pagi hari sebagai menu sarapan.

7. Nasi Jagung Khas Sampang

Makanan khas Sampang berikutnya tetap berupa kuliner. Nah, kali ini kamu bakal mendapatkan makanan tradisional berupa nasi jagung khas Sampang.

Memang sih. Nasi jagung ini tersedia di beragam daerah di Indonesia. Namun pasti saja nasi jagung Sampang memiliki rasa dan penyajian yang khas.

Biasanya nasi jagung Sampang dihidangkan dengan gudangan, ditambah pepes dan juga kriuk peyek. Maknyus pokoke!

Kunjungi Juga : Ragam Masakan Dunia

8. Sewel Khas Sampang

Terakhir makanan khas yang saya rekomendasikan yakni sewel. Sewel sendiri merupakan sejenis camilan Madura yang dibuat dari bahan utama udang. Yang sesudah itu dipadukan dengan tepung kanji dan juga rempah khas.

Sewel membuahkan rasa yang gurih bercampur sedap. Jadi sesuai sekali dinikmati dengan dengan saus kacang yang pedas.

Harga sewel pun tak mahal. Hanya kira-kira 500 rupiah saja per bijinya. Murah, kan?

Demikian lebih dari satu kuliner khas Sampang yang populer dan memiliki citarasa yang unik dan khas. Jangan lupa mencicipinya, ya. Selamat berkuliner!

Comment here